Yuk ... kita dukung INDONESIA GO OPEN SOURCE!

Minggu, 17 April 2011

Beberapa contoh pelanggaran berinternet dimana :


  • A. Dalam sejarahnya pelanggaran berinternet mulai muncul dan beredar ketika kejahatan virus, pencurian data, dan penyadapan semakin marak di lakukan.  akibatnya banyak yang mulai kehilangan kendali sistem dan privasi account.
  • B. Dalam perkembangan surat menyurat pun ada jenis pelanggaran beretika salah satunya, Spam ke bin email yang menyebabkan ruang email penuh dengan sampah, dan sebagainya.
  • C. Jenis kejahatan yang berhubungan dengan pelanggaran dalam berbicara dan sejenisnya. Salah satunya seperti kasus yang berada di Negara tetangga Republik Mimpi, dimana jenis kasus ini melibatkan salah satu Instansi di bidang kesehatan dengan salah seorang pasien, dimana pasien tersebut telah menjelek-jelekan nama baik / citra instansi tersebut dengan cara menuliskan “unek-unek” di blog dan situs jejaring-sosial

3 komentar:

  1. 1. a. sejarahnya
    Era 1940-1950 an
    Perkembangan etika komputer dimulai di era 1940-an seiring dgn awal penemuan teknologi komputer . Munculnya etika komputer pertama kali dari pekerjaan Prof. Norbert Wiener(Prof. MIT) ketika mengembangkan meriam antipesawat yang mampu menembak jatuh pesawat tempur yg melintas diatasnya. Penelitiannya akhirnya menciptakan suatu bidang riset baru yang disebut cybernetics atau the science of information feedback system. Wiener meramalkan terjadinya revolusi sosial & konsekuensi etis dari perkembangan
    Era 1960-an, Donn Parker melakukan berbagai riset utk menguji penggunaan komputer yang tidak sah dan tidak sesuai dengan profesionalisme di bidang computer
     Era 1970-an
    ◦ Dimulai oleh Joseph Weizenbaum, ilmuawan komputer MIT di Boston yg menciptakan suatu program komputer yang disebut ELIZA
    ◦ Tahun 1976, Weizenbaum menerbitkan buku “Computer Power and Human Reason”
    ◦ Pertengahan 1970-an, Walter Maner dalam karyanya sudah menggunakan istilah “Computer Ethics”
    ◦ Tahun 1978, Maner mempublikasikan karyanya “Starter Kit in Computer Ethics”, yg berisi materi kurikulum dan pendagogi untuk pengajar universitas dalam pengembangan pendidikan etika komputer
     Era 1980-an
    ◦ Sejumlah konsekuensi sosial dan teknologi informasi yang etis menjadi isu publik di Amerika & Eropa
    ◦ Pertengahan 1980-an, James Moor dari Dortmouth College menerbitkan artikel “What is Computer Ethics?” dan Deborah Johnson dari Rensselear Polytechnic Institute menerbitkan buku teks Computer Ethics (Buku teks pertama)
     Era 1990-an
    ◦ Pemikir etika komputer : Donald Gotterbarn, Keith Miller, Simon Rogerson, Dianne Martin.
    ◦ Organisasi profesional komputer yg menangani tanggung jawab sosial profesi seperti : Electronic Frontier Foundation, ACM-SIGCAS.
    ◦ Berdirinya Centre for Computing and Social Responsibility yang dipelopori oleh Simon Rogerson dari De Montfort University (UK)
     Tahun 1940 – 1960, etika komputer sebagai disiplin ilmu belum ada.
     Tahun 1970, baru muncul istilah etika komputer yang dipelopori oleh Walter Maner dll
     Maner berpendapat bahwa beberapa permasalahan etis sebelumnya sudah ada, diperburuk oleh munculnya komputer yang menimbulkan permasalahan baru sebagai akibat penerapan teknologi informasi.
     Deborah Johnson (Computer Ethics), menggambarkan bidang ini sebagai suatu studi tentang cara yang ditempuh oleh komputer memiliki standar baru, yg memaksa kita sebagai penggunanya untuk menerapkan norma-norma baru pula dalam dunia yang belum dipetakan.
     Deborah tidak percaya bahwa komputer menciptakan permasalah moral baru secara keseluruhan
     James Moor, mengartikan etika komputer sebagai ilmu yang tidak terikat dan menggambarkan etika komputer sebagai bidang yang terkait dengan “policy vacuums” (kebijakan ruang hampa) and “conceptual muddles” (konseptual yang campur aduk)

    b. perkembangan dalam etika surat menyurat contohnya : E-mail, chat,penggunaan dalam tata bahasa,
    c. berbicara dalam dunia maya contohnya: tidak menggunakan nama samaran, berkata sopan, tidak menghina seseorang diforum tersebut, tidak menghina agama lain, tidak mengacak-acak ID orang lain

    10110004 dian lestari suihana

    BalasHapus
  2. 1. A. Sejarah Etika Komputer
     Era 1940-1950-an
    Diawali dengan penelitian Norbert Wiener (Prof dari MIT) tentang komputasi pada meriam yang mampu menembak jatuh pesawat yang melintas di atasnya (PD II).
     Ramalannya tentang komputasi modern yang pada dasarnya sama dengan sistem jaringan syaraf yang bisa melahirkan kebaikan sekaligus malapetaka.
     Era 1960-an
    Ungkapan Donn Parker: “that when people entered the computer center, they left their ethics at the door”
     Dalam contoh kasus pemrosesan data, spesialis komputer bisa mengetahui data apa saja secara cepat.
     Era 1980-an
    Kemunculan kejahatan komputer (virus, unautorizhed login, etc)
     Studi berkembang menjadi suatu diskusi serius tentang masalah etika komputer. Lahirlah buku “Computer Ethics” (Johnson,1985)
     Era 1990-an sampai sekarang
    Implikasi pada bisnis yang semakin meluas akibat dari kejahatan komputer, membuat lahirnya forum-forum yang peduli pada masalah tersebut.
    (ETHICOMP by Simon Rogerson, CEPE by Jeroe van Hoven etc)

    B. etika surat menyurat

    Hadirnya internet dalam kehidupan manusia telah membentuk komunitas masyarakat tersendiri. Surat menyurat yang dulu dilakukan secara tradisional (merpati pos atau kantor pos) sekarang bisa dilakukan hanya dengan duduk dan mengetik surat tersebut di depan komputer.
    C. Berbicara dalam dunia maya
    • Netiket pada one to one communications
    Yang dimaksud dengan one to one communications adalah kondisi dimana komunikasi terjadi antarindividu “face to face” dalam sebuah dialog.
    • Netiket pada one to many communications
    Konsep komunikasi one to meny communications adalah bahwa satu orang bisa berkomunikasi kepada beberapa orang sekaligus. Hal itu seperti yang terjadi pada mailing list dan net news.

    BalasHapus
  3. A. Dalam sejarahnya pelanggaran berinternet mulai muncul dan beredar ketika berbagai kejahatan komputer seperti penginfeksian virus terhadap file data, penyadapan, dan pencurian data . akibatnya internet bermasalah juga banyak yang mulai kehilangan kendali sistem dan privasi accountnya.

    B. Perkembangan dalam etika suratmenyurat
    Netiket pada one to many communications adalah Konsep komunikasi one to meny communications adalah bahwa satu orang bisa berkomunikasi kepada beberapa orang sekaligus. Hal itu seperti yang terjadi pada mailing list dan net news.

    C. Berbicara dalam dunia maya

    Netiket pada one to one communications Yang dimaksud dengan one to one communications adalah kondisi dimana komunikasi terjadi antarindividu “face to face” dalam sebuah dialog.

    BalasHapus